Penyebab Rambut Lurus Berubah Menjadi Keriting

mkoran.com - 01-02-2018 12:44:45

Mkoran-Rambut merupakan mahkota bagi wanita. Rambut ada yang panjang dan pendek sesuai dengan perawatan terhadap rambut, namun pada umumnya wanita identik dengan memiliki rambut yang panjang. Rambut memiliki bentuk yang berbeda-beda bagi setiap orang. Dan bentuk rambut dipengaruhi juga dengan faktor genetik, yaitu faktor yang mempengaruhi riwayat garis keturunan berupa fisik secara global. Oleh sebab itu kita sering melihat ada seseorang yang memiliki rambut lurus dan rambut keriting. Namun rambut yang lurus bisa jadi tidak selamanya lurus. Seiring dengan pertambahan usia dan kebiasaan rambut lurus dapat berubah menjadi keriting. Untuk lebih jelas mengenai penyebab rambut lurus berubah menjadi keriting adalah sebagai berikut ini :

Faktor genetik

Seiring dengan berlalunya waktu perubahan rambut lurus menjadi keriting bisa karena faktor genetik. Dimana terjadi perubahan pada gen yang sebelumnya tidak aktif menjadi aktif. Disaat itulah terjadi beberapa perubahan yang berkaitan dengan fisik seseorang. Faktor genetik erat kaitannya dengan garis keturunan dari orang tua dan orang terdahulu didalam keluarganya. Oleh sebab itu tidak menutup kemungkinan seseorang yang awalnya memiliki rambut lurus setelah dewasa rambutnya berubah menjadi keriting.

Usia

Usia menempati urutan kedua dari penyebab rambut lurus menjadi keriting. Usia seseorang semakin hari semakin bertambahn begitu juga dengan kemampuan rambut untuk tetap sehat tidak hanya mengandalkan nutrisi dari dalam tubuh saja namun juga dari luar tubuh, seperti makanan yang dikonsumsi. Untuk memiliki rambut yang indah dan tetap terjaga kelurusannya maka Anda harus banyak mengonsumsi buah dan sayuran. Karena buah dan sayuran kaya akan vitamin dan mineral didalamnya

Mengeringkan dengan Handuk
Pada umumnya semua orang mengeringkan rambut dengan handuk karena dapat menyerap air secara maksimal. Tapi faktanya menggunakan handuk dapat membuat rambut keriting secara intensif.

Paparan sinar matahari

Pengaruh buruk dari luar lingkungan juga berpengaruh untuk merubah rambut yang lurus menjadi keriting. Salah satu contohnya adalah pengaruh paparan sinar matahari untuk rambut. Jika sinar matahari terlalu berlebihan mengenai rambut, maka permukaan rambut akan menjadi kasar dan berubah menjadi keriting. Oleh sebab itu ada baiknya Anda menjauhi paparan langsung dari sinar matahari. Caranya adalah dengan menggunakan pelindung kepala seperti topi kala harus beraktifitas di luar ruangan.

Bahan kimia

Keempat penyebab perubahan rambut dari lurus menjadi keriting adalah bahan kimia. Di saat sekarang ini bahan kimia sangat banyak sekali dicampur menjadi bahan baku dari shampo dan kondisionaer rambut. Oleh sebab itu jika rambut terlalu sering terkena bahan kimia dengan berbagai macam produk untuk rambut yang kita gunakan, maka tidak menutup kemungkinan rambut Anda akan berubah menjadi keriting. Oleh sebab itu ada baiknya menggunakan bahan-bahan alami atau produk yang sedikit mengandung bahan kimia didalamnya.

Keramas dengan Suhu Air yang Tidak Tepat
Mungkin hal ini terdengar simpel, tetapi memilih air dingin atau air panas itu cukup penting. Gunakan air hangat di tahap awal keramas dan jangan lupa menggunakan sampo. Setelah itu gunakan air dingin untuk membilas kondisonernya.

Sering mengikat rambut

Rambut lurus juga dapat berubah menjadi keriting karena kebiasaan mengikat rambut. Bagi wanita yang memiliki rambut panjang dengan mengikat rambut dapat membantu untuk mengatasi kegerahan pada rambut Anda. Namun kebiasaan untuk mengikat rambut dapat mengubah rambut menjadi mengembang dan keriting. Oleh sebab itu ada baiknya tidak terlalu serin mengikat rambut. Dan setelah rambut selesai diikat baiknya disisir untuk merapikannya kembali.

Menggunakan handuk

Biasanya setelah selesai membersihkan rambut kita menggunakan handuk yang bertujuan untuk mengeringkan rambut. Namun ada baiknya kebiasaaan ini ditinggalkan karena kebiasaan ini merupakan salah satu penyebab dari rambut yang luru menjadi keriting. Solusi yang tepat ada baiknya rambut dibiarkan mengering sendiri tanpa bantuan handuk untuk mengeringkan rambut Anda.

Sering mencatok rambut

Catok pada rambut berguna untuk meluruskan rambut Anda. Biasanya catok rambut digunakan untuk orang yang ingin memiliki rambut yang lurus. Catok pada rambut secara berlebihan kadang tidak membuat rambut menjadi lurus. Malah kebalikannya rambut bisa berubah menjadi keriting karena kebiasaan sering mencatok rambut. Karena bagaimanapun juga mencatok rambut merupakan salah satu kegiatan yang menggunakan bahan kimia untuk meluruskan rambut. Pencatokan pada rambut juga dapat membuat kerusakan pada rambut seperti rambut menjadi lebih kasar dan mudah untuk rontok.

Tidak Menguncir Rambut Sebelum Tidur
Rambut yang digerai saat tidur akan bergesekan dengan sarung bantal dan membuatnya rusak. Sedangkan jika Anda menguncir atau menjepitnya, maka rambut Anda terasa lembut di pagi hari.

Suhu air yang tidak tepat

Saat melakukan pembilasan pada rambut ada baiknya Anda juga memperhatikan suhu air yang digunakan untuk keramas. Keramas bertujuan untuk membersihkan rambut dari debu yang menempel pada rambut dan kulit kepala setelah seharian beraktifitas. Suhu air yang tepat juga bermanfaat untuk mengatasi keriting pada rambut. Dengan menggunakan suhu air yang tepat maka dapat menjauhkan Anda dari faktor penyebab rambut lurus berubah menjadi keriting. Jadi masalah yang sederhana ini juga ikut berperan dalam menjaga lurusnya rambut Anda. Suhu air yang tepat berkaitan dengan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin saat dibilaskan pada rambut Anda.

Rambut panjang

Penyebab rambut lurus berubah menjadi keriting selanjutnya adalah rambut panjang. Rambut panjang lebih mudah untuk berubah menjadi keriting daripada rambut yang pendek. Sehingga rambut wanita menjadi lebih mudah untuk menjadi keriting. Rambut panjang yang berubah menjadi mengembang dan keriting bisa karena penggunaan bahan kimia untuk merawat rambut dan kulit kepala. Dan untuk mengatasi agar rambut penjang tersebut tidak menjadi keriting maka dapat dilakukan dengan cara batasi penggunaan produk kimia untuk rambut Anda.

Hormonal

Penyebab rambut lurus menjadi keriting selanjutnya adalah karena faktor hormonal dari dalam tubuh. Hormonal dari dalam tubuh memang cenderung mengalami perubahan karena penambahan usia setiap tahunnya. Itu sebabnya perubahan hormonal juga dapat menjadi faktor penyebab. Jika menyangkut masalah hormonal dari perubahan rambut yang lurus menjadi keriting maka sebaiknya yang Anda lakukan adalah banyak mengonsumsi makanan yang sehat.

Tidak Memperhatikan Komposisi Produk Perawatan Anda
Jangan menggunkan hairspray untuk membuat rambut curly Anda tahan lama. Karena rambut Anda akan sangat sulit kembali seperti semula.  Hindari produk dengan kandungan alkohol yang tinggi karena ini akan menyebabkan pengeringan pada rambut Anda.

(sumber:kc)

Komentar

Fahmi

2020-06-02 16:58:08

Kalo cara melurus kan rambut bagaimana?

Yuni arti sondang a.ini

2020-08-30 11:06:18

cara rambut lurus jadi keliting