Imbauan Pemkot Malang untuk Membuat disinfektan Mandiri bagi Warganya

mkoran.com - 01-04-2020 10:37:40

Malang, Mkoran.com – Rabu (1/4) Setiap hari Pemkot Malang melakukan Penyemprotan cairan disinfektan di lima lokasi yang berbeda.

Sasaran utamanya ialah ruang publik dan fasilitas umum yang biasanya banyak digunakan oleh masyarakat.

Untuk itu, Pemkot Malang juga mengajak agar masyarakat juga dapat menyemprotkan disinfektan sendiri secara mandiri di daerahnya masing- masing.

Warga diharapkan bisa membuat cairan disinfektan agar bisa dimanfaatkan dalam mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19.

Informasi yang diberikan oleh Kabag Humas Pemkot Malang, M Nur Widianto bahwa ada enam jenis disinfektan yang bisa digunakan.

Di antaranya ialah larutan pemutih, larutan klorin, karbol, pembersih lantai,  disinfektandiamin dan disinfektan peroksida.

Cara pembuatannya ialah ambil disinfektan sesuai takaran kemudian dicampur dengan air.

Takaran disinfektan menyesuaikan dengan jenis disinfektan itu sendiri.

Misalkan larutan pemutih, larutan klorin dan klorin takarannya dua sendok makan per satu liter air.

Sedangkan disinfektandiamin dan disinfektan peroksida takarannya disesuaikan dengan petunjuk penggunaan. Setelah bahan tersebut dicampur air, barulah ditaruh di dalam botol ataupun wadah sebelum digunakan.

"Disinfektan ini bersifat toksik, sehingga harus digunakan sesuai dengan aturan," ujarnya.

Pemerintah Kota Malang juga berterima kasih kepada masyarakat yang telah melakukan penyemprotan cairan disinfektan ini secara mandiri di wilayahnya masing-masing.

Menurut Wiwid, sapaan akrabnya, semangat gotong royong ini perlu dibangun terutama pada kondisi saat ini.

"Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi atas partisipasi serta kemandirian yang dilakukan dan dibangun oleh masyarakat untuk penyemprotan secara mandiri," ucapnya.

Wiwid menyampaikan, bahwa bahan-bahan dalam membuat cairan disinfektan ini sangatlah mudah.

Bahan-bahan tersebut bisa didapatkan di toko-toko terdekat maupun di toko kimia yang ada di Kota Malang.

"Pemkot Malang saat inu terus memberikan layanan, di mana sekarang juga telah mendistribusikan bahan ke kecamatan dan kelurahan, sehingga penyemprotan ini dapat dilakukan secara meluas," tandasnya. (berbagai sumber)

Komentar