Jurassic World: Fallen Kingdom

mkoran.com - 12-02-2018 10:01:42

Judul: Jurassic World: Fallen Kingdom
Genre: SciFi, Action
Tanggal Rilis: June 7, 2018 (Germany)
Durasi: -
Rating IMDb: -
?
MKoran-Claire telah mendirikan sebuah organisasi yang bernama Dinosaur Protection Group, dan mereka sedang mencari jalan untuk mengevakuasi semua dinosaurus dari pulau Isla Nublar karena ancanam gunung berapi. Dia kemudian kembali meminta bantuan kepada Owen Grady dan sejumlah karakter baru yang akan diperankan oleh Daniella Pineda dan Justice Smith. Dan juga enggak ketinggalan ahli matematika, Dr. Ian Malcolm, yang diperankan oleh Jeff Goldblum.

Sama seperti kisah film Jurassic lain, Fallen Kingdom juga punya titik tekan pada dinosaurus dan ilmu pengetahuan yang dianggap "melawan kodrat". Dinosaurus sudah punah ratusan juta tahun lalu, dan karena ilmu pengetahuan, darah nyamuk dari masa Mezoic bisa menghasilkan kloning dinosaurus. Dinosaurus itu yang kemudian melahirkan kekacauan di film pertama waralaba laris ini, Jurassic Park (1993).

Saat dirilis, Jurassic Park langsung memicu histeria sukacita. Disutradarai oleh Steven Spielberg yang memang dikenal cergas meramu kisah petualangan dan fiksi ilmiah, Jurassic Park berhasil membuat penonton merasa dinosaurus lahir kembali dan jadi terasa dekat. Bukan lagi sebagai hasil rekaan komputer yang terlihat komikal dan menggelikan.

Film ini berhasil secara estetika maupun bisnis. Perkara estetika, film ini kerap dirujuk sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa. Janet Maslin, kritikus film untuk The New York Times, menyambut film ini sebagai "tonggak bersejarah film, menghadirkan visual memesona sekaligus menegangkan yang tak pernah ada sebelumnya." Pada 2001, The American Film Institute merilis daftar 100 film paling menegangkan, dan Jurassic Park nangkring di posisi ke-35.

Namun, tak ada lagi yang membuat rumah produksi tersenyum lebar selain pencapaian penjualan. Dengan bujet produksi sekitar 63 juta dolar AS, film ini mendapatkan pemasukan lebih dari 900 juta dolar AS. Sebelum Titanic (1997) dan Avatar (2009) dirilis, Jurassic Park menjadi film terlaris sepanjang masa. Sekarang pendapatan kotornya sudah melewati angka 1 miliar dolar. 

Karena pencapaian itu, maka dibuatlah sekuel-sekuel Jurassic berikutnya: The Lost World: Jurassic Park (1997) dan Jurassic Park III (2001). Semuanya sukses secara pendapatan, walau secara jalan cerita dan kualitas film dianggap lebih inferior ketimbang pendahulunya.

Butuh waktu 14 tahun sebelum Amblin Entertainment—rumah produksi milik Spielberg yang memproduksi tiga seri Jurassic—kembali menghadirkan dinosaurus dalam layar lebar. Namun penantian panjang itu tak mengecewakan.

Saat Jurassic World (2015) hadir di 60 negara, ada perasaan sukaria yang sama seperti saat menyaksikan Jurassic Park. Gabungan antara ide cerita menarik, ketegangan yang berkelindan, juga kemunculan dinosaurus-dinosaurus baru yang membuat mulut ternganga—termasuk Indominus Rex yang jadi lawan tanding sepadan bagi T-rex—berhasil membuat film ini tidak mengecewakan penggemarnya.

Kritikus Peter Bradshaw menyebut film ini sebagai "sangat menarik dan amat menyenangkan ditonton, hadir sebagai film musim panas yang apik." Performa finansial film ini juga tak kalah cemerlang. Hingga sekarang, ia meraup 1,7 miliar dolar AS, menjadi film Jurassic terlaris, sekaligus berada di peringkat empat film terlaris sepanjang masa.(trt)

Komentar