Vaksinasi Tahap 2 Tergelar di Malang Untuk Petugas Pelayanan Publik

mkoran.com - 24-02-2021 22:27:04

Malang, EHI - Rabu (24/2) Proses vaksinasi Covid-19 tahap kedua termin pertama di Kota Malang dimulai hari ini.

Salah satunya, dilakukan di Puskesmas Arjuno yang diikuti oleh sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pelayan publik lainnya.

Kepala Puskesmas Arjuno, dr. Ida Megawati mengungkapkan, dalam proses vaksinasi tahap kedua, dosis pertama ini akan diberikan terhadap 280 orang yang bekerja di fasilitas pelayanan publik.

“Untuk ASN di wilayah Pemkot, khususnya di bagian kesra, humas, hukum, perkonomian hingga bagian umum. 

Sebanyak 85 fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) seperti klinik, puskesmas dan RS bagi pelayan publik menggelar vaksinasi tersebut.

Pelayan Publik yang terdiri dari TNI/Polri, PDAM, ASN, karyawan BUMN/BUMD dan lainnya itu langsung menuju lokasi fasyankes yang telah ditentukan sesuai jadwal yang ada.

Tahapan vaksinasi kali ini tidak jauh berbeda dengan yang sebelumnya. Calon penerima vaksin akan melakukan registrasi dan pengecekan kesehatan terlebih dahulu.

Jika lolos, bisa langsung melakukan vaksinasi. Setelah selesai, penerima vaksin akan langsung diobservasi.

Walikota Malang, Sutiaji mengatakan bahwa tahapan kedua ini akan dilaksanakan secara bertahap dengan menggunakan basis instansi.

"Dengan demikian akan lebih mudah mendatanya karena data yang masuk juga merekam NIK masing-masing petugas sehingga tidak akan mungkin terjadi dobel data",

disamping itu kota malang akan menjadi pilot project pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara nasional karena pelaksanaan hingga pelaporan yang sesuai jadwal.

"Kota Malang rencana jadi pilot project vaksinator dari Kemenkes. Memang, kita siap, dan laporannya tertib, itu salah satunya.

Terus, pengendaliannya (kasus Covid-19) juga cukup bagus," kata Wali Kota Malang Sutiaji pada Sosialisasi Imunisasi dan Advokasi Imunisasi Covid-19 bagi para pemangku Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) di Kota Malang, ujarnya.(adv)

Komentar