Furniture Mengeluarkan Teter dan Bubuk Kayu? Ini solusinya..

mkoran.com - 25-01-2018 13:10:48

MKoran- Sejak jaman dulu hingga sekarang, kayu telah menjadi salah satu material yang paling diminati oleh banyak orang untuk dijadikan sebagai bahan utama dalam membangun rumah kayu maupun  berbagai jenis furniture. Kebanyakan barang-barang antik yang terbuat dari kayu terbilang sangat istimewa karena terbuat dari kayu yang berkualitas tinggi. Namun karena kayu merupakan bahan yang 100% mengandung unsur alam, maka tidak jarang ada beberapa kayu yang mudah lapuk termakan usia. Selain karena faktor termakan usia, adanya kumbang bubuk atau yang biasa disebut kumbang teter ini juga menjadi salah satu perusak furniture kayu Anda. Proses perusakan yang terjadi akibat kumbang ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, namun jika dibiarkan maka akan berakibat fatal bagi kelangsungan kontruksi rumah kayu atau perabot rumah yang bermaterial kayu. Oleh karena itu, Anda harus tahu cara membasmi kumbang pengebor kayu.

Serangga yang juga disebut sebagai kumbang pengebor kayu ini, cenderung menjadikan kayu-kayu yang belum dicat sebagai sasarannya untuk dibor dan dijadikan sarang telur yang kemudian akan menjadi larva. Larva inilah yang kemudian menggerogoti kayu hingga mengakibatkan kerusakan struktural pada furniture kayu Anda. Sangat sulit mendeteksi keberadaan kumbang ini pada furniture kayu sejak dini karena hanya bagian dalam saja yang terus digerogoti oleh larva dan hanya meninggalkan lubang kecil seukuran ujung pensil sebagai tempat keluar kumbang muda yang telah bermetamorfsis dari larva. Tidak hanya kayu kering saja, tapi juga kayu yang cenderung lembab dan dekat dengan tanah. Jika Anda tidak tahu cara membasmi kumbang bubuk pada kayu, maka lama kelamaan perabot kayu akan cepat rusak.

Sejauh ini telah teridentifikasi beberapa jenis rayap pengebor kayu yang mampu menimbulkan kerugian yang sangat besar, baik bagi para pengusaha dibidang furniture maupun para pemilik furniture. Jenis kumbang pengebor kayu yang pertama adalah jenis Powderpost Beetle atau kumbang bubuk kayu. Kumbang jenis ini berwarna coklat kemerahan dengan panjang sekitar 5 mm, kumbang jenis ini biasanya menjadikan kayu yang bersifat kering dan keras sebagai sasarannya dengang memakan substrat kering dan keras kayu tersebut dalam jangka waktu 1 tahun fase hidupnya yang kemudian berubah menjadi kotoran berbentuk serbuk yag sangat halus. Tidak ada cara membasmi bubuk kayu yang pasti untuk mengatasi jenis serangga ini. Lebih baik, Anda mencegahnya dengan melapisi kayu dan meletakkan furniture di tempat yang kering.

Selanjutnya adalah jenis kumbang Anobiidae yang merupakan jenis kumbang yang paling merusak diantara jenis kumbang pengebor kayu lainnya. Karena sifatnya sebagai hama pada kayu yang lembab dan tidak terlalu keras, maka dari itu bagi Anda yang tinggal di daerah yang lembab harus waspada pada jenis kumbang ini agar kayu tidak dimakan teter. Selanjutnya adalah False Powderpost Beetle atau kumbang bubuk palsu karena keberadaannya tidak hanya ditemukan pada kayu saja, tapi juga pada material lain seperti aluminium. Selain itu kotoran jenis kumbang ini juga tidak sehalus kedua kumbang sebelumnya, bahkan cenderung kasar. Lubang yang dibentuk oleh kumbang pengebor jenis ini pun tampak lebih besar dibandingkan kumbang pengebor atau hama bubuk kayu lainnya. Nah, itulah 3 jenis kumbang pengebor kayu yang harus diketahui sebelum mengambil tindakan. Untuk cara mengatasi bubuk pada lemari kayu lebih lanjut, Anda bisa menggunakan obat kutu bubuk kayu yang bisa dibeli secara online. Harga obat teter kayu pun tidak mahal dan terbukti efektif sebagai cara mengusir kumbang pemakan kayu.

Cara Mengatasi Teter dan Bubuk

Untuk mengantisipasi keberadaan kumbang bubuk pada rangka rumah maupun furniture Anda, ada beberapa obat pembasmi hama bubuk kayu yang bisa digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Jika furniture anda sudah terlanjur diserang oleh hama bubuk kayu, salah satu obat pembasmi hama bubuk kayu adalah dengan menggunakan insektisida khusus pembasmi serangga jenis hama bubuk kayu. Salah satu merek yang cukup mumpuni adalah obat anti rayap Insecticide, yakni obat kayu dimakan bubuk yang dapat mengantisipasi serta membasmi hama bubuk kayu secara keseluruhan. Langkah untuk mengantisipasi agar furniture tidak diserang hama bubuk kayu adalah dengan melarutkan insecticide kedalam air sesuai kebutuhan, lalu kuaskan ke permukaan kayu sebelum dicat, dipernis, atau difinishing. Langkah ini merupakan langkah pencegahan agar kumbang bubuk tidak mengebor furniture untuk meletakkan telurnya. Selain itu Insecticide juga dapat dilarutkan ke dalam air sebagai rendaman kayu sebelum dirakit menjadi sebuah furniture. Jenis obat pembasmi hama bubuk kayu ini baik digunakan oleh para supplier kayu sebelum memasarkan kayu mereka kepada para produsen furniture.

  2. Salah satu merek obat pembasmi hama bubuk kayu yang juga  bisa dicoba adalah serbuk anti rayap merek CA Dust. Cara pemakaiannya ialah cukup dengan menaburkan serbuk anti rayap ini kedalam lubang yang dibentuk oleh kumbang dewasa atau kumbang muda. Jika salah satu larva atau kumbang terpapar oleh serbuk ini maka ia akan membawa dan menularkannya pada larva dan kumbang lainnya di dalam kayu sehingga larva dan kumbang lainnya yang sudah terkena bubuk tersebut ikut menyebarkan hingga mereka mati. Semakin banyak kumbang atau larva yang terkena serbuk maka proses pembasmian akan berlangsung lebih cepat.

  3. Salah satu obat pembasmi hama bubuk kayu yang terakhir adalah merk latrex 400 EC. Obat pembasmi hama kayu ini dapat diaplikasikan pada kayu dengan cara menyuntikkan obat pembasmi hama tersebut secara langsung ke dalam lubang masuknya kumbang dewasa atau lubang keluarnya kumbang muda secara perlahan agar tersebar keseluruh rongga kayu yang telah digerogoti oleh hama bubuk tersebut. Berselang beberapa saat kemudian, kumbang akan keluar dan mati begitupun dengan larvanya.

Semua jenis obat anti hama bubuk kayu dapat membunuh semua jenis hama bubu kayu atau serangga pengebor kayu, baik itu serangga muda dan serangga dewasa maupun larvanya. Itupun selama ia terpapar oleh obat tersebut. Jika perabot kayu Anda sudah terlanjur diserang hama bubuk kayu ini, maka kita tidak akan tahu sudah seberapa dalam ia menggerogoti bagian dalam kayu punyusun furniture sampai ia benar-benar tampak rapuh dari luar karena sudah terlalu parah. Langkah paling efektif adalah melakukan perendaman karena jika hanya menyemprotkan atau mengoleskan obat pembasmi hama bubuk kayu menggunakan kuas kepermukaan kayu saja tidak cukup. Perendaman ini berlaku bagi para produsen material kayu untuk furniture sebelum memasarkan produk mereka, dan juga bagi Anda yang memiliki furniture yang berkemungkinan untuk dapat direndam.

Namun tahukah Anda bahwa tidak ada satupun obat pembasmi anti hama bubuk kayu yang dapat membunuh telur kumbang pengebor kayu? Hal ini disebabkan karena tidak ada satupun jenis zat kimia yang mampu menembus cangkang telur kumbang bubuk ini, jadi ketika Anda menyuntikkan obat pembasmi hama bubuk kayu dan berhasil mengenai telurnya, maka obat tersebut hanya akan tinggal disekitar telur sampai ia menguap. Namun jika aAnda menyuntikkan obat pembasmi hama bubuk tersebut tepat pada waktu telur menetas, maka obat tersebut akan langsung membunuh larva yang keluar dari dalam telur. Jadi, silahkan lakukan aksi pembasmian yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

(sumber: rmhimpian)

Komentar